Madaniya
Vol. 4 No. 2 (2023)

Penerapan Program Pengenalan Platform Literasi dan Numerasi Digital di SD Dahromo

Rica Fanita Ayuningtyas (Universitas PGRI Yogyakarta)
Henry Aditia Rigianti (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa lingkup pendidikan terkecil yaitu sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil Assesmen Kompetensi Kelas yaitu rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Dahromo dan adanya kemajuan teknologi yang telah memberikan dampak positif di aspek pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa SD Dahromo yang berjumlah 99 siswa. Penerapan program ini bertujuan untuk mengenalkan platform literasi dan numerasi digital di SD Dahromo dan sebagai bentuk adaptasi teknologi. Manfaat yang diperoleh oleh siswa SD Dahromo yaitu sebagai alternatif media untuk belajar mengenai literasi dan numerasi. Hasil yang diperoleh dari Penerapan Program Pengenalan Platform Literasi dan Numerasi Digital di SD Dahromo berjalan dengan baik yang mana mendapatkan dukungan dari guru-guru dan siswa yang sangat antusias.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...