Jurnal Kepelatihan Olahraga
Vol 15, No 1 (2023)

Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di Sekolah Dasar Negeri Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

krisda ari pradana (universitas negeri malang)
Ari Wibowo Kurniawan (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.)
Mashuri Eko Winarno (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.)
Rama Kurniawan (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Kebugaran jasmani sangat penting bagi siswa karena kebugaran jasmani yang baik dapat menunjang pembelajaran siswa di Sekolah. Menurut hasil wawancara yang dilakukan kepada guru PJOK yang ada di SDN Padangan 1 yaitu belum adanya guru ataupun penelitian yang melaksanakan tes kebugaran jasmani di sekolah tersebut. Dengan belum diketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa di sekolah tersebut dan lokasi yang mudah dijangkau oleh peneliti menjadi latar belakang utama peneliti melakukan penelitian tingkat dasar yaitu survei tingkat kebugaran jasmani siswa di SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Serta instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes kebugaran jasmani Indonesia pada usia 10-12 tahun dengan sampel berjumlah 91 siswa. Hasil penelitian didapatkan persentase terbesar siswa memiliki tingkat kebugaran jasmani pada kategori kurang dengan frekuensi laki-laki 29 siswa dan perempuan 19 siswa dengan persentase 47,54% dan 63,33%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKO

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal Kepelatihan Olahraga (JKO) is a media for widespread the results of research, studies and ideas in the field of sports coaching. Jurnal Kepelatihan Olahraga focuses on information related to the issues of the latest sports training development. The scope of the journal includes: 1) Sports ...