Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Berbahan Dasar Daun Sirih dan Daun Binahong sebagai Upaya Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK

Syahdam Karneng (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Ayu Safitri Agustina (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Elfira Jumrah (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Andi Nur Fitriani Abubakar (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Herdie Idriawien Gusti (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Jihad Talib (Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Sri Sumiati (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Nur Ismi (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)
Putri Ramadani Hasra (Kimia, Fakultas Sains, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia, 92511)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Background: Bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun cuci piring biasanya menggunakan bahan aktif kimia sintetik yang memiliki dampak negatif bagi lingkungan yaitu dapat mencemari lingkungan. Berdasarkan hal tersebut maka, pengabdian ini dilakukan untuk memanfaatkan daun sirih dan daun binahong sebagai bahan dasar pembuatan sabun cuci piring yang ramah lingkungan dan dapat menciptakan peluang usaha baru yang memberikan pendapatan kepada warga desa. Metode: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan kelompok PKK Desa Balong Kec. Ujung Loe Kab. Bulukumba, yang terdiri dari 20 orang anggota. Kegiatan yang diusulkan pada PKM ini adalah sosialisasi kandungan senyawa aktif daun sirih dan daun binahong, pelatihan teknik pembuatan dan proses produksi pengolahan daun sirih dan daun binahong menjadi sabun cuci piring, pelatihan teknik pengemasan dan pelabelan produk, pelatihan manajemen usaha dan pemasaran produk, evaluasi program, serta pendampingan. Hasil: Pengolahan daun sirih dan daun binahong menjadi sabun cuci piring sangat memberikan dampak positif terhadap ibu PKK di Desa Balong, selain mereka dapat membuat sabun cuci piring sendiri, mereka juga dapat memanfaatkan tanaman yang mereka tanam selama ini yang kurang dimanfaatkan. Daun sirih dan daun binahong termasuk tanaman yang mengandung senyawa-senyawa kimia dengan bioaktivitas sebagai antibakteri. Kesimpulan: Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, melalui sosialisasi dan pelatihan ibu-ibu PKK dapat mengetahui manfaat penggunaan daun sirih dan daun binahong dalam pembuatan sabun cuci piring yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...