Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan guru PJOK di SMPN 1 Nganjuk terdapat permasalahan yaitu beberapa peserta didik belum menguasai keterampilan passing sepak bola. Selain itu, belum adanya penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena, itu peneliti berkeinginan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik. Metode dalam penelitian ini yaitu metode preexperimental desain dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk. Sampel penelitian ini berjumlah 30 yang diambil dari peserta didik kelas VIII-3. Data dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data meliputi uji Normalitas uji Paired Sample T-Test dan Presentase menggunaakn SPSS Versi 26. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola. Diperoleh rata-rata pretest ke posttest pengetahuan yaitu 63,6667 dan pada keterampilan yaitu 85,5. Data pada penelitian ini telah diuji normalitas dan data berdistribusi normal. Uji Paired Sample T-test yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) penegtahuan sebesar 0,000 dan keterampilan sebesar 0.000. Hal ini berarti nilai sig < 0,05 Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik.
Copyrights © 2023