Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 10, No 1 (2023): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

AKTUALISASI WARGA GLOBAL YANG HUMANIS

Yudha Pradana (Politeknik Negeri Media Kreatif)
Kokom Komalasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

AbstrakPerkembangan kehidupan dunia yang dinamis memberikan konsekuensi terhadap kemunculan konsepsi warga global terkait peran, kedudukan, dan partisipasinya. Konteks tersebut juga berhubungan dengan isu-isu global yang terkait dengan nilai-nilai kemanusiaaan. Upaya tersebut dapat disrespons melalui pendidikan, khususnya pendidikan kewarganegaraan (PKn). Rumusan yang dikemukakan dalam penulisan artikel ini ialah: 1. Bagaimana konsepsi warga global beserta isu-isu global yang menyertainya?, dan 2. Bagaimana PKn dilaksanakan sebagai upaya pembentukan warga global yang humanis?. Dalam implementasinya, warga global tidak bisa dilepaskan dari isu-isu global yang akan mempengaruhi persepsinya mengenai kehidupan global. PKn dapat dilaksanakan sebagai wadah bagi pengembangan nilai-nilai kemanusiaan yang toleran untuk menjamin kehidupan bersama yang harmonis dengan implementasi pilar-pilar pendidikan dan mengakomodir kecakapan abad 21 dan diharapkan mampu mengembangkan warga negara dari segi civic literacy untuk memiliki kemelekan terhadap isu-isu yang dinamis, civic responsibility untuk memiliki tanggungjawab terhadap hidup bersama yang harmonis, civic action untuk memiliki kehendak untuk bertindak dalam menyikapi isu-isu global, civic engagement untuk memiliki keterkaitan dengan kehidupan global dan isu-isu terkait, dan civic values untuk memiliki kepedulian pada nilai-nilai kemanusiaan. AbstractThe dynamic development of world life has consequences for the emergence of the conception of global citizens regarding their roles, positions and participation. The context also relates to global issues related to human values. This effort can be responded to through education, especially civics education (PKn). The formulations put forward in writing this article are: 1. What is the conception of global citizens and the accompanying global issues?, and 2. How is Civics implemented as an effort to form humane global citizens? In its implementation, global citizens cannot be separated from global issues that will affect their perceptions of global life. Civics can be implemented as a forum for the development of tolerant human values to ensure a harmonious shared life with the implementation of the pillars of education and accommodate 21st century skills and is expected to be able to develop citizens in terms of civic literacy to have literacy for dynamic issues, civic responsibility to have responsibility for living together in harmony, civic action to have the will to act in addressing global issues, civic engagement to have a connection with global life and related issues, and civic values to have concern for human values .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...