Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 10, No 1 (2023): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL)

Ernita Susanti (Universitas Siliwangi)
Yanti Sofi Makiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM) mahasiswa pendidikan fisika pada pembelajaran Blended Problem Based Learning (B-PBL) dan mengetahui pengaruh model B-PBL terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah mekanika tahun akademik 2022/2023 dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes KPM dalam bentuk uraian dengan jumlah 5 soal uraian yang meliputi 4 indikator KPM dengan materi kinematika, dinamika dan gerak harmonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan KPM berdasarkan N-Gain dan B-PBL sangat efektif dalam meningkatkan KPM berdasarkan hasil perhitungan effect size. Hasil uji hipotesis juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara KPM yang menerapkan model B-PBL dengan KPM yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran B-PBL berpengaruh signifikan terhadap KPM mahasiswa pendidikan fisika dengan rata-rata setiap indikator KPM berada pada kategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...