Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret

ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF METAFORA LIRIK ALBUM BERTAJUK MANUSIA PADA PEMBELAJARAN MENGANALISIS PUISI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Yana Suryana (Universitas Mandiri)
Muhammad Iqbal Harisuddin (STKIP SUBANG)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana jenis, makna, implementasi metafora yang ada dalam lirik lagu Tulus pada album Manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif dengan desain penelitian studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Subang pada tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil kelas X. Hasil penelitian analisis metafora terdapat 53 data ungkapan metafora. Jenis metafora yang digunakan untuk menciptakan ungkapan metafora dalam lirik lagu Tulus pada album Manusia sejalan dengan 9 kategori ruang persepsi manusia model Haley, kategori being terdapat 12 data, kategori cosmos terdapat 2 data, kategori energy terdapat 3 data, kategori substance terdapat 4 data, kategori terrestrial 4 data, kategori object terdapat 4 data, kategori living terdapat 6 data, kategori animate terdapat 1 data, dan kategori human terdapat 18 data. Makna-makna ungkapan metafora yang terdapat pada lirik lagu Tulus dalam album Manusia kebanyakan mengambil dari kehidupan manusia atau pengalaman hidup manusia, sejalan dengan judul albumnya yang bertajuk manusia. Implementasi metafora pada lirik lagu dalam album Manusia karya Tulus sebagai bahan ajar di SMA terdapat pada Kompetensi dasar 3.17 dan 4.17, yakni kompetensi menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis dengan memperhatikan unsur pembangunnya, dan dari hasil validasi oleh guru ahli, bahan ajar yang dibuat telah layak digunakan sebagai bahan pembelajaran menganalisis puisi di SMA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...