Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media e-flashcard  pada materi sistem pencernaan manusia yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 190 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan penggunaan bahasa. Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor presentase 92,5% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan dari angket siswa dan guru diperoleh skor presentase 87,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase sebesar 85,4%. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa media pembelajaran e-flashcard yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2023