Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis penanaman nilai karakter yang telah dilakukan oleh tim pengajar kampus di beberapa sekolah dasar di Riau. Penelitian dilakukan di sekolah sasaran program kampus mengajar yaitu di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 008 Lubuk Dalam Siak dan SDN 001 Air Tiris. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu November-Desember 2022.Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, verifikasi dan reduksi data, penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) infiltrasi pendidikan karakter dilakukan melalui beberapa program kampus pengajaran di sekolah binaan antara lain pembiasaan mengaji setiap pagi, bimbingan agama Islam, pembuatan pojok literasi, pembuatan taman baca, pembuatan mading sekolah, penanaman toga, kerjasama kelas hingga program literasi berhitung khusus bagi siswa berkebutuhan khusus; (2) tantangan penanaman pendidikan karakter di sekolah dasar antara lain masifnya penggunaan gadget di kalangan siswa, kerjasama dengan warga sekolah terkait keberlangsungan program pengajaran kampus dan kurangnya kerjasama dengan orang tua siswa.
Copyrights © 2023