JANACITTA: Journal of Primary and Children's Education
Vol. 1 No. 1 (2018)

PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Kartika Yuni Purwanti (Universitas Ngudi Waluyo)
Ela Suryani (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu powtoon terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian dan lembar skala sikap motivasi siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji gain score, uji t dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan  kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak, (2) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantu powtoon dengan yang tidak (thitung (-2,028) < ttabel (-1,686)), (3) Peningkatan motivasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (91,95 > 91,7), dan (4) Hasil uji regresi menunjukkan powtoon mempengaruhi motivasi siswa {motivasi: 0,793 (sangat kuat), kemampuan berpikir kritis 0,537 (sedang)}. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantu powtoon mempengaruhi motivasi siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

janacitta

Publisher

Subject

Education

Description

Janacitta this is a scientific publication that contains about the works in the world of education by teachers, lecturers, and society. Scientific work in this published journal is an article of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. Articles of research are ...