Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Nur Anisa Fatonah (Universitas Ahmad Dahlan)
Sumargiyani Sumargiyani (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman konsep materi persamaan linear satu variabel menggunakan video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan video pembelajaran menggunakan ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian dari hasil uji validasi video pembelajaran termasuk dalam kategori valid, dapat dilihat dari persentase rata-rata, diperoleh rata-rata 4,1 dengan kategori baik dan hasil ahli media diperoleh rata-rata 4,25 dengan kategori sangat baik, hasil uji coba respon peserta didik pada video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing termasuk dalam kategori praktis dengan rata-rata 3,25 dengan kategori baik. Keefektifan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77 dengan kategori baik. Sehingga video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...