Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan

Dewi Azizah (Universitas Pekalongan)
Aprilia Rahmawati (Universitas Pekalongan)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Salah satu kendala dalam pembelajaran matematika adalah siswa kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika, khususnya soal cerita. Ini adalah salah satu alasan mengapa siswa membuat kesalahan saat memecahkan masalah matematika. Tujuan artikel ini adalah menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita fungsi kuadrat menurut teori Kastolan dan mengetahui faktor penyebabnya. Kualitatif adalah jenis penelitian ini. Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Wiradesa sebagai subjek penelitian. Tes dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Menurut teori Kastolan, tiga jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan konseptual, prosedural, dan teknis. Kesalahan konseptual memiliki kesalahan tertinggi sebesar 26,26%, diikuti oleh kesalahan prosedural sebesar 11,11 dan kesalahan teknis sebesar 2,02%. Kesalahan tersebut dikarenakan siswa kurang memahami tujuan soal sehingga penggunaan rumus salah, siswa kurang memahami konsep fungsi pangkat sehingga hanya setengah langkah dalam menjawab soal, tidak teliti dan tergesa-gesa, dan siswa tidak mengecek kembali hasil jawabannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...