EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AL MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BULUPAYUNG MALANG

Ilma Aziza (Unira Malang)
Siti Millatul Mardhiyah (Unknown)
Danial Hilmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Pondok Pesantren Miftahul Ulum adalah salah satu pondok pesantren salaf yang terletak di daerah Bulupayung Malang. Dalam masa saat ini, kebanyakan para pelajar pondok pesantren Miftahul Ulum terkendala oleh waktu yang relatif pendek dalam menimba ilmu, maka dengan terbatasnya waktu menjadi salah satu kendala dalam menguasai materi-materi dalam pembelajaran ilmu nahwu jika menggunakan kitab-kitab klasik nahwu. Sehubungan dengan persoalan yang telah terjadi, maka diperlukan metode yang cocok dan sesuai untuk menyelesaikan persoalan tersebut. diantaranya adalah dengan memilih salah satu metode yang tepat untuk digunakan, yaitu dengan menggunakan metode Al Miftah lil Ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu. 2) Untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan nahwu dan. 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian dengan menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, uji T (Paired Sample T Test dan Independent Sample T-Test).Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang sudah memadai. 2) Kemampuan (kompetensi) siswa baik dalam penguasaan ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang. 3) Efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum efektif untuk meningkatkan pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...