cover
Contact Name
Rofiqoh Firdausi
Contact Email
rofiqoh.firdausi@uniramalang.ac.id
Phone
+62341-399099
Journal Mail Official
ebtida@uniramalang.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Islam Raden Rahmat, Malang. Jl. Raya Mojosari No. 02, Kepanjen - Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 27988309     EISSN : 27987531     DOI : https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i1
Core Subject : Education, Social,
EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education studies, both literature studies and field studies published in Indonesian with two abstracts: Indonesian and English. This journal is published twice a year, Juny and December. We invite researchers, lecturers, students, teachers, professionals, and anyone else to share their knowledge in the form of theoretical and empirical research papers on Islamic Basic Education.
Articles 30 Documents
PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN GIRI KECAMATAN DAMPIT KABUPATEN MALANG akhmad fajar
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.8 KB) | DOI: 10.33379/ebtida.v1i01.824

Abstract

Penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan metode yang sesuai sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah adalah “Apakah Prestasi Belajar IPA Materi Gaya Magnet pada Siswa kelas IV MI Sunan Giri Kecamatan Dampit Kabupaten Malang tahun 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui metode Problem Based Learning? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 67,39% berada pada (katagori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 89,13% (katagori baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,30% berada pada (katagori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,30% (katagori baik sekali), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,1% (katagori cukup), dan meningkat pada siklus II sebesar 88,8% (katagori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Gaya Magnet Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.
PENGGUNAAN METODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN DAN MEMAHAMI TAJWID PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIST Agus Salim; Imroatul Fajriyah
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.269 KB) | DOI: 10.33379/ebtida.v1i01.825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melafalkan dan memahami tajwid pada mata pelajaran Alqur’an Hadist materi hukum bacaan Al Qamariyah dan Al Syamsiyah dengan menggunakan Metode Qiro’ati. Kemampuan melafalkan adalah kesanggupan untuk mengingat, menyimpan dan menimbulkan kembali sesuatu yang diamatinya. Pemahaman adalah kesanggupan memahami setingkat lebih tinggi dari pengetahuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif jenis studi kritis. Jenis Penelitian Tindakan Kelas Simultan Terintegrasi dengan model Mc. Kernan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada aspek kognitif siklus I yaitu 67 dengan jumlah siswa yang tuntas 42% dan pada aspek psikomotor rata-rata nilai siswa yaitu 71 dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 78%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa dalam aspek kognitif meningkat menjadi 80 dengan jumlah siswa yang tuntas 72% dan pada aspek psikomotor juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siswa yaitu 75 dengan jumlah siswa yang tuntas 89%. Hasil analisis tes pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penerapan metode Qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melafalkan dan memahami tajwid pada materi hukum bacaan Al qamariyah dan Al syamsiyah dengan menggunakan Metode Qiro’ati.
PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH Ummu Salamah
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.275 KB) | DOI: 10.33379/ebtida.v1i01.827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik Tema 8 Subtema 1 pembelajaran 2 Pokok Bahasan Siklus Air melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning. Pemahaman adalah bagaimana seseorang mempertahankan, membedakan, menduga, menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan. Pemahaman dapat dilihat dan diukur dengan cara melihat sejauh mana siswa dapat menjelaskan suatu kejadian ataupun materi dengan menggunakan bahasa sendiri. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat simultan terintegratif, dengan pendekatan Quantitative Approach (Pendekatan Kuantitatif). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning terbukti dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik rata-rata mencapai 81,6 %, dan presentase ketuntasan 83,3 %. Pada siklus II hasil belajar peserta didik rata-rata mencapai 88,63%, presentase ketuntasan 88,8 %.
PENERAPAN MEDIA JIDSAM BARGAMBER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III MI Rofiqoh Firdausi; Rif’atul Ula
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.474 KB) | DOI: 10.33379/ebtida.v1i01.829

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika kelas III MI. Beberapa faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi pemahaman siswa seperti: 1) kurangnya pemahaman siswa tentang materi satuan waktu, 2) dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan apa yang ada di dalam buku, 3) tidak ada variasi metode pembelajaran yang lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan media Jidsam Bargamber agar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan Media Jidsam Bargamber dapat meningkatkan pemahaman siswa materi satuan waktu mata pelajaran Matematika kelas III MI?. Sedangkan tujuannya untuk menerapkan media Jidsam Bargamber dalam pelajaran matematika materi satuan waktu dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: tes tulis, observasi, dam wawancara. Namun berkaitan dengan penyebaran covid-19, maka penelitian yang disusun tidak dapat dilaksanakan dan dalam hal ini hanya sampai pada tahapan perencanaan dengan persyaratan semua instrumen penelitian harus divalidasi. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 validator, dapat diketahui bahwa RPP yang disusun peneliti memperoleh nilai rata-rata 3.95. Validasi media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4.15. Kemudian validasi tes tulis (pre-test) memperoleh nilai rata-rata 4.56, post test memperoleh nilai rata-rata 4.46. Dan validasi pada LPO memperoleh nilai rata-rata 4.7. Sehingga seluruh instrumen yang disusun layak digunakan dalam pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN “BUCIL” (KUBUS KECIL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK nanik ulfa; Ahmad Yazid Busthami
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.745 KB) | DOI: 10.33379/ebtida.v1i01.830

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi volume kubus dan balok. Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode yang monoton dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi Volume Kubus dan Balok. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan media Bucil (Kubus Kecil) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan model PTK dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya: tahap perencanaan (planning), tahap tindakan (action), tahap pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflection). Namun mengingat penyebaran covid-19 yang semakin meningkat, maka penelitian dihentikan sampai tahap perencaan dengan syarat seluruh instrumen penelitian harus divalidasi. Setelah dilakukan proses validasi oleh 2 validator diporeleh persentase skor dari masing-masing instrumen penelitian. Validasi terhadap RPP diperoleh persentase skor sebesar 86% . Pada validasi media pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 84,5%. Validasi lembar kerja kelompok diperoleh persentase sebesar 77,5%. Validasi soal tes tulis diperoleh persentase sebesar 82%. Dan validasi pedoman observasi memperoleh persentase skor sebesar 82%. Sehingga dari hasil validasi terhadap seluruh instrumen penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen memperoleh kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Hasan Bisri; Maria Ulfa
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.267 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin siswa MI Nur Ilahi Tangkilsari Tajinan Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik disiplin siswa, (2) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakteristik disiplin siswa, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ciri-ciri kedisiplinan siswa meliputi siswa yang menaati peraturan sekolah dan siswa yang tidak menaati/melanggar peraturan sekolah. (2) Peran guru dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa meliputi guru sebagai guru, pendidik, evaluator, dan panutan bagi siswa. (3) Faktor pendukung yang membentuk karakter kedisiplinan siswa antara lain dukungan rencana kegiatan sekolah dan kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambat karakteristik disiplin siswa antara lain pengawasan guru yang terbatas terhadap siswa, pengaruh sosial teman, dan penggunaan teknologi yang tidak tepat.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AL MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BULUPAYUNG MALANG Ilma Aziza; Siti Millatul Mardhiyah; Danial Hilmi
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.489 KB)

Abstract

Pondok Pesantren Miftahul Ulum adalah salah satu pondok pesantren salaf yang terletak di daerah Bulupayung Malang. Dalam masa saat ini, kebanyakan para pelajar pondok pesantren Miftahul Ulum terkendala oleh waktu yang relatif pendek dalam menimba ilmu, maka dengan terbatasnya waktu menjadi salah satu kendala dalam menguasai materi-materi dalam pembelajaran ilmu nahwu jika menggunakan kitab-kitab klasik nahwu. Sehubungan dengan persoalan yang telah terjadi, maka diperlukan metode yang cocok dan sesuai untuk menyelesaikan persoalan tersebut. diantaranya adalah dengan memilih salah satu metode yang tepat untuk digunakan, yaitu dengan menggunakan metode Al Miftah lil Ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu. 2) Untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan nahwu dan. 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian dengan menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, uji T (Paired Sample T Test dan Independent Sample T-Test).Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang sudah memadai. 2) Kemampuan (kompetensi) siswa baik dalam penguasaan ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang. 3) Efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum efektif untuk meningkatkan pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARAKAN (PAPAN RANTAI MAKANAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 MI MIFTAHUL HUDA NGASEM Nadhif Taufiqul; nanik ulfa
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.442 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep awal kemampuan memahami hubungan antara makan dan dimakan yang membuat siswa bingung saat menyelesaikan soal terkait rantai makanan. Siswa juga belum dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran sehingga belajar yang didapat tidak maksimal.penelitian ini merupakan penelitian pengembsngsn (R&D). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan media PARAKAN (papan rantai makanan) dan keefektifan media PARAKAN (papan rantai makanan) untuk meningkatkan hasi belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Ngasem. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan yaitu berupa angket, observasi dan tes. Dari hasil media pembelajaran yang telah dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan media. Berdasarkan hasil validasi materi menunjukkan media PARAKAN memiliki tingkat kelayakan 86,66% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil validasi media menunjukkan media PARAKAN memiliki tingkat kelayakan 90% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba skala kecil dicoba kepada 5 siswa dengan mendapatkan presentase siswa 79% serta hasil uji coba skala lagi dicoba kepada 10 siswa dengan mendapatkan persentase 84, 5%. Sehingga media PARAKAN dinyatakan sangat diperlukan serta sangat berkontribusi selaku penunjang pendidikan.
PENGEMBANGAN MEDIA PAGABIL (PAPAN GARIS BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGASEM melani albar; Siti
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.841 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui jenis media pembelajaran Matematika yang selama ini digunakan di MI Miftahul Huda Ngasem, (2) mengembangkan media pembelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Ngasem, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Ngasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem. Penelitian dilaksanakan saat masa pandemimaka pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan test prestasi. Langkah pengembangan media meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) desain media, (3) pengembangan media, (4) implementasi, (5) evaluasi, dilanjutkan dengan melakukan uji validasi tim ahli dan uji efektivitas media. Dari hasil produk yang sudah dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji validasi materi menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat kelayakan 100% yang berada dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji validasi alhi media menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat kelayakan 95% yang berada dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil kepraktisan dilakukan kepada 3 siswa dengan memperoleh presentase siswa 98,33% Sehingga media PAGABIL dinyatakan sangat diperlukan dan sangat berkontribusi untuk mendukung pembelajaran.
OPTIMALISASI IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL RAHBINI GONDANGLEGI ilun lailatul habibah; Aan Fardani; Sumarno Aziz
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.114 KB)

Abstract

This research departs from a thought and hope about the importance of character education in order to produce a generation of religious and morality. Character building is prioritized from an early age, and entering elementary school students are not only colored by the world of play, but also aspects of social responsibility. The process of development toward maturity sometimes does not always run smoothly in the direction of the potential, expectations and values ​​that it holds. So, it is important to equip students with the values ​​of meaningfulness of life, so that a mature and superior personality is formed. The purpose of this study was to understand the implementation of the program to improve religious culture and to describe the impact of the success of religious culture on the character of citizens at SD IT Al Rahbini Gondanglegi. This research uses a descriptive qualitative research approach. Data collection techniques carried out by (1) interviews, (2) observations, and (3) documentation. Data were analyzed by analysis of the Miles and Hubberman model consisting of data collection, data reduction, data display and conclusion. Checking the validity of the data is done by testing the credibility, dependability, and confirmability. The results of this study indicate that (1) The religious culture improvement program developed in can be grouped into several programs, namely the daily, weekly, monthly, yearly activity program, and the development of the Islamic Religious Education curriculum. (2) The impact of the application of religious culture on the character of school members includes the creation of a culture of greeting each other when meeting, mutual help, discipline, strong brotherhood,. decreasing the number of violations, increasing discipline, increasing students' understanding and knowledge of religious teachings, building mutual respect and appreciation between fellow teachers and other employees, better levels of teacher discipline and growing enthusiasm and curiosity about religion.

Page 1 of 3 | Total Record : 30