Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2020): Sasindo

KEEFEKTIFAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK GARUDA NUSANTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nur Hayati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode think pair share dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas x smk garuda nusantara tahun pelajaran 2019/2020. Metode ini menggunakan metode kuantitatif, metode ini digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk data dari keefektifan metode think pair share dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas x smk garuda nusantara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen, dalam penyajiannya meliputi langkah penelitian, nilai tertinggi, nilai terendah, tabel distribusi frekuensi dan grafis histrogram. Data kemampuan menulis teks anekdot denganm data kelas eksperimen dan kelas control, kemudian uji persyaratan data kemampuan menulis teks anekdot meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra ...