Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): April

Penerapan model NHT berbatuan pop up book untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sumber energi: Application of the NHT learning model with pop up books to improve students' cognitive learning outcomes in energy sources materials

Ni Nengah Leni Lestari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah)
Nur Rahmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah)
Kasmudin Mustapa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Masih ditemukan siswa yang memperoleh hasil belajar rendah karena kurangnya tingkat pemahaman siswa dalam materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada level tingkatan pemahaman (C2), penerapan (C3) dan analisis (C4) dengan kategori hasil penilaian sangat baik dari siklus I ke siklus II. Selain itu, proses pembelajaran lebih efektif melalui keaktifan siswa, kerjasama dalam kelompok, adanya rasa ingin tahu, antusias dan perhatian terhadap materi yang diberikan guru serta proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Abstract. Still found students who obtain low learning outcomes due to a lack of students' understanding of the learning material. This study aims to apply the numbered head together (NHT) cooperative learning model assisted by pop up book media to improve student learning outcomes in class IV SD Inpres Bumi Sagu. This type of research is classroom action research (CAR) with the Kemmis Mc Taggart model which is carried out in cycles. Data collection techniques are tests and observations. The research subjects were 25 grade IV students of SD Inpres Bumi Sago. The results of this study indicate an increase in learning outcomes from cycle I to cycle II by 32%. The application of the cooperative learning model of the NHT type assisted by pop up book media can improve students' cognitive learning outcomes at the level of understanding (C2), application (C3) and analysis (C4) with the category of very good assessment results from cycle I to cycle II. In addition, the learning process is more effective through student activity, collaboration in groups, curiosity, enthusiasm and attention to the material provided by the teacher and the learning process becomes fun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hafecspost

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Practice of The Science of Teaching Journal : Jurnal Praktisi Pendidikan (POSTJournal) membuka peluang bagi praktisi pendidikan, profesional, maupun akademisi untuk mempublikasikan artikel ilmiah di bidang praktik mengajar di kelas. POSTJournal terbit 2 kali per tahun pada bulan April, dan Agustus. ...