Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 2 (2020): AL-AHYA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC CARD PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Shavira Mutmainnah (Unknown)
Jamilah Jamilah (Unknown)
Syahriani Syahriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Researchand Development) memiliki tujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran magic card, 2) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran magic card, 3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran magic card, 4) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran magic card. Penelitian iniĀ  memiliki jenis penelitian yang mengacu pada model 4-D, dimana model ini memiliki beberapa tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek uji penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Camba Maros. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian, dimana untuk mendapatkan data kevalidan suatu produk maka instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, selanjutnya untuk mendapatkan data praktis digunakan angket respon, sedangkan untuk mendapatkan data keefektifan digunakan tes hasil belajar peserta didik untuk mengetahui apakah media yang telah dikembangkan layak digunakan. Berdasarkan hasil penilaian,diperoleh data dari 1) hasil yang didapatkan pada penilaian dua validator untuktingkat kevalidan magic card dengan nilai rata-rata yaitu 3,42. 2) data kepraktisan dari hasil penilaian respon yang diberikan peserta didik dan guru didapatkan nilai rata-rata 3,1. 3) hasil tes peserta didik media pembelajaran magic mard dikategorikan efektif karena mencapai 88,23%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...