Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Game Ludo yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (defenisi), Design (rancangan), Develop (pengembangan), Disseminat (sebaran). Produk hasil pengembangan diujicobakan di SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Gowa dengan subjek uji coba peserta didik kelas X. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian penunjukkan Game Ludo berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata penilaian validator 3,87. Kepraktisan media Game Ludo pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3,53. media Game Ludo efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Media Game Ludo layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2020