Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA

PENGEMBANGAN MEDIA GAME LUDO MATERI ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM DARUSSALAM PANNYANGKALANG GOWA

A. Surianti Ningsi (UIN Alauddin Makassar)
Muhammad Khalifah Mustami (UIN Alauddin Makassar)
Ainul Uyuni Taufiq (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Game Ludo yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan  Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (defenisi), Design (rancangan), Develop (pengembangan), Disseminat (sebaran). Produk hasil pengembangan diujicobakan di SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Gowa dengan subjek uji coba peserta didik kelas X. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian penunjukkan Game Ludo berada pada kategori sangat valid  dengan nilai rata-rata  penilaian validator 3,87. Kepraktisan media Game Ludo pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3,53. media Game Ludo efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Media Game Ludo layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...