Evaluasi Pembelajaran merupakan sebuah penilaian pembelajaran agar sekolah dapat mengetahui sejauhmana program itu berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di SMAIT At-Taufiq Bogor menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik triangulasi, hasil penelitian ini antara lain: (1) implementasi yang dilakukan sudah tersusun dan terjadwal dengan baik (2) faktor pendukungnya: kecerdasan siswa, sarana prasarana yang memadai, guru yang berkompeten, lingkungan internal dan eksternal yang kondusif, (3) faktor penghambatnya: kemampuan dan motivasi siswa yang berbeda, waktu belajar tidak maksimal, lingkungan eksternal yang tidak baik (4) Solusi; kepala sekolah mengarahkan guru agar selalu membimbing dan selalu memberikan motivasi kepada siswa, meningkatkan kompetensi guru serta menyeragamkan metode dalam pengajaran Al-Qur’an, berkoordinasi dengan orang tua mengenai perkembangan siswa dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur’an (5) ditinjau dari context: pembelajaran tahfiz Al-Qur’an merupakan program unggulan sekolah, ditinjau dari input: kemampuan siswanya dominan dapat mengikuti, ditinjau dari process pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Silabus ditinjau dari product: pembelajaran tahfiz Al-Qur’an sudah mencapai target hafalan bahkan ada siswa hafidz 30 juz. Maka dari itu pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di Sekolah ini perlu dilanjutkan pembaharuan-pembaharuannya, kendala-kendalanya harus diminimalisir dengan berbagai cara dari segenap stakeholder.
Copyrights © 2023