Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 1, No 02 (2021): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN WAL HADIST MADRASAH ALIYAH AL-HAITSAM BOGOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGETAHUAN ILMU AGAMA SANTRI

Muhammad Faisal Tamim (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Muslim Muslim (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Sarifudin Sarifudin (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum Pondok Pesantren Al-Qur’an Wal Hadist Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor dalam meningkatkan kualitas pengetahuan ilmu Agama Santri. Tentang hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Koodinator Pondok Pesantren, Waka Kurikulum dan Guru/Ustaz. Hasil Penelitiannya sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum pondok pesantren terdiri dari kalender akademik, jadwal pelajaran jam sekolah dan luar sekolah, mengadakan rapat, membuat silabus dan RPP, disesuaikan dengan Visi Misi pondok pesantren dan menyediakan alat media pembelajaran (2) Pelaksanaan Kurikulum pondok pesantren terdiri dari pelaksanaan kurikulum pondok pesantren, pelaksanaan kurikulum pada tingkat sekolah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas. (3) Pengawasan Kurkulum pondok pesantren terdiri dari pemantauan kurikulum pondok pesantren, diadakannya evaluasi tersebut, penilaian produk atau kelulusan, alat evaluasi yang digunakan serta yang dibahas pada evaluasi tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...