Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pengelolaan pembelajaran tahfizh dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Al-Falakiyah Loji Bogor yang meliputi pengelolaan pembelajaran tahfizh, konsep evaluasi pembelajaran tahfizh, dan model atau metode evaluasi pembelajaran tahfizh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Pengelolaan pembelajaran tahfizh yang dilakukan sudah efektif dan efisien, hal itu terlihat dari jadwal kegiatan santri yang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an. (2). Metode pembelajaran tajwid dan tahsin mengguanakan metode qiraati. (3). Konsep evaluasi yang digunakan sangat sederhana namun konsep tersebut cukup efektif dan efesien, dimana perkembangan hafalan santri akan terus terawasi. (4). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (contexs, input, process, product). (5). Hasil evaluasi contexs menunjukan bahwa tujuan yang telah ditentukan oleh pondok pesantren secara umum bisa dicapai.
Copyrights © 2021