Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3 pada pelajaran matematika tema 5 melalui penggunaan model pembelajaran Make a Match. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa. Pengumpulan informasi berupa data didapatkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menegaskan bahwa penggunaan pola pembelajaran Make a Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di tema 5 muatan matematika kelas 3. Rata-rata skor tes sebelum penelitian adalah 58. Setelah tindakan pada siklus I, rata-rata skor tes meningkat menjadi 70, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,2. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika, kemampuan memecahkan masalah matematika, serta partisipasi aktif dan antusias siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model Make a Match yang dipakai dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif pilihan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam muata pelajaran matematika.
Copyrights © 2023