Jurnal Psikologi Mandala
Vol. 6 No. 1 (2022): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA

Upaya Awal Re-Branding pada Desa Wisata Setren Opak Yogyakarta: Sebuah Studi Kasus

Nur Izzatin Nisa (Unknown)
Ghozali Nassrul Arif (Unknown)
Taufik Hidayat (Unknown)
Nur Akmalia (Unknown)
Candra Indraswari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Abstrak. Pandemi Covid-19 membuat semua lini di kehidupan berubah,tidak terkecuali pada desa wisata. T ujuan penelitian kali ini adalah untukmemberikan pemahaman tentang pengelolaan desa wisata Setren Opak gunamembatu mengenalkan ke masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan agarwisata Setren Opak menjadi destinasi yang mampu meningkatkanperekonomian warga sekitar. Metode penelitian kali ini adalah kualitatif studikasus yang melibatkan tiga orang informan. Teknik pengambilan data adalahobservasi, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Penelitian kali inimenggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Penelitian kali ini jugatermasuk dalam penelitian aksi untuk memecahkan permasalahan denganmemberikan penyuluhan pengetahuan terkait dengan mem-branding ulangtempat wisata. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dalam pemasaran pentingdilakukan, terlebih pemuda, sebagai SDM di Setren Opak cukup banyak.Dengan demikian, perlu edukasi mengenai branding pada Desa Wisata SetrenOpak agar tidak semakin tenggelam di tengah pandemi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mandala

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, ...