Abstrak. Pandemi Covid-19 membuat semua lini di kehidupan berubah,tidak terkecuali pada desa wisata. T ujuan penelitian kali ini adalah untukmemberikan pemahaman tentang pengelolaan desa wisata Setren Opak gunamembatu mengenalkan ke masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan agarwisata Setren Opak menjadi destinasi yang mampu meningkatkanperekonomian warga sekitar. Metode penelitian kali ini adalah kualitatif studikasus yang melibatkan tiga orang informan. Teknik pengambilan data adalahobservasi, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Penelitian kali inimenggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Penelitian kali ini jugatermasuk dalam penelitian aksi untuk memecahkan permasalahan denganmemberikan penyuluhan pengetahuan terkait dengan mem-branding ulangtempat wisata. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dalam pemasaran pentingdilakukan, terlebih pemuda, sebagai SDM di Setren Opak cukup banyak.Dengan demikian, perlu edukasi mengenai branding pada Desa Wisata SetrenOpak agar tidak semakin tenggelam di tengah pandemi
Copyrights © 2022