Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI 245 TOLE-TOLE

Hartini Hamzah (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Muhammad Ilyas (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Ma'rufi Ma'rufi (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan belajar menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pada akhirnya siswa dapat meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh termasuk kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika dan Motivasi Siswa Kelas V SD Negeri 245 Tole-Tole. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada dikecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yaitu angket motivasi belajar matematika siswa tes kemampuan komunikasi matematika, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian yaitu 1) Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis quantum learning siswa kelas V SDN 245 Tole-Tole, 2) Ada peningkatan motivasi setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis quantum learning siswa kelas V SDN 245 Tole-Tole.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...