JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen
Vol 3 No 1 (2023): JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen

Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Antara Pasien Umum dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan: (Studi Kasus Medan Denai)

Rifki Aditya (Unknown)
Apni Nurita Saragih (Unknown)
Putri Yasmin (Unknown)
Julia Ivanna (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pengalaman masyarakat pengguna jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan masyarakat umum dari segi kualitas pelayanan yang mereka terima. Layanan kesehatan prima adalah layanan yang mengutamakan kebutuhan, harapan, dan nilai pasien, menjadikan pemenuhan kebutuhan tersebut sebagai kondisi yang diperlukan untuk memuaskan masyarakat sebagai pengguna akhir layanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien ditentukan oleh seberapa baik keinginan dan kebutuhan mereka terpenuhi selama kegiatan, pekerjaan, atau pengalaman lainnya. Efek dari ketidakpuasan pasien termasuk penurunan kepercayaan pada penyedia layanan mereka dan peningkatan keluhan dan gangguan selama mereka tinggal di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif ditambah dengan pendekatan kuantitatif di satu lokasi di Medan Denai, menggunakan skala kepuasan untuk mengetahui seberapa puas pengguna BPJS relatif terhadap populasi umum.Terkait kebijakan pemerintah dalam mengadakan BPJS keshatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat dapat dikatan sudah terrealisasi dengan baik. Namun pada implementasinya masih ada sebagian sebagian tenaga kerja yang melayani dalam kesehatan terkadang menyimpang dari pekerjaannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Library & Information Science

Description

JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (Online ISSN: 2774-2075) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Enrekang bekerjasama dengan Forum Dosen Riset STMIK/STIE Insan Pembangunan dan Ikatan Doktor ...