Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pengalaman masyarakat pengguna jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan masyarakat umum dari segi kualitas pelayanan yang mereka terima. Layanan kesehatan prima adalah layanan yang mengutamakan kebutuhan, harapan, dan nilai pasien, menjadikan pemenuhan kebutuhan tersebut sebagai kondisi yang diperlukan untuk memuaskan masyarakat sebagai pengguna akhir layanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien ditentukan oleh seberapa baik keinginan dan kebutuhan mereka terpenuhi selama kegiatan, pekerjaan, atau pengalaman lainnya. Efek dari ketidakpuasan pasien termasuk penurunan kepercayaan pada penyedia layanan mereka dan peningkatan keluhan dan gangguan selama mereka tinggal di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif ditambah dengan pendekatan kuantitatif di satu lokasi di Medan Denai, menggunakan skala kepuasan untuk mengetahui seberapa puas pengguna BPJS relatif terhadap populasi umum.Terkait kebijakan pemerintah dalam mengadakan BPJS keshatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat dapat dikatan sudah terrealisasi dengan baik. Namun pada implementasinya masih ada sebagian sebagian tenaga kerja yang melayani dalam kesehatan terkadang menyimpang dari pekerjaannya.
Copyrights © 2023