Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian Juni 2023

Dampak Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kinerja Perusahaan di Tiga Segmen (Keuangan, Pemasaran dan Operasional)

Nicholas Fernandes (Universitas Internasional Batam)
Jenny Lim (Universitas Internasional Batam)
Raymond (Universitas Internasional Batam)
Thomas Eddison (Universitas Internasional Batam)
Golan Hasan (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
16 May 2023

Abstract

Penerapan CRM modern sebagai salah satu business intelligence berhasil menjadi faktor sumber daya lain yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan yang diamati adalah kinerja keuangan, kinerja pemasaran, dan kinerja operasional. Kajian ini menggunakan tinjauan literatur yang menganalisis dan mengelaborasi hasil literatur, buku, dan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode literature review dan menganalisis sekitar dua puluh jurnal sebelumnya, didukung oleh beberapa literatur dan buku. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan penerapan CRM secara efektif dan efisien akan meningkatkan kinerja perusahaan secara signifikan, khususnya kinerja keuangan, pemasaran, atau operasional. Dari semua jurnal yang diamati sebelumnya, jurnal yang paling dominan adalah tentang pengaruh signifikan CRM terhadap pemasaran dan kinerja keuangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...