Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian Juni 2023

Analisis Manajemen Operasional, Customer Relationship Management, dan Digital Marketing Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Golan Hasan (Universitas Internasional Batam)
Benny (Universitas Internasional Batam)
Dian Sabrina (Universitas Internasional Batam)
Erika Gustian Fauzi (Universitas Internasional Batam)
Salsabilah Sirait (Universitas Internasional Batam)
Lydia Then (Universitas Internasional Batam)
Vanessa Flesya (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini membahas peran digital marketing, customer relationship management (CRM), dan manajemen operasional dalam strategi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini berhasil mempertahankan posisinya di pasar meskipun terdampak pandemi Covid-19. Mereka berhasil dengan bekerja sama dengan petani lokal, mengelola bahan baku, mengoptimalkan proses produksi, dan memiliki jaringan distribusi yang luas. Namun, perusahaan juga menghadapi permasalahan operasional seperti kenaikan harga bahan baku dan persaingan yang semakin ketat di industri mie instan, serta dampak pandemi yang mempengaruhi perilaku konsumen dan permintaan pasar. Oleh karena itu, digital marketing, CRM, dan manajemen operasional memiliki peran penting dalam mengembangkan strategi yang dapat mempertahankan keunggulan kompetitif PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...