Penelitian tindakan kelas (PTK)ini bertujuan (1) mengkaji peningkatan kompetensi peserta didik (2)mengkaji peningkatan keaktifan siswa dan (3) mengkaji penerapan metode pembelajaran oleh guru kompetensi system pengapian elektronik. Subyekdalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TBSM 1 SMK Pembangunan Nasional Purwodadi-Grobogan Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kompetensi system pengapian elektronikdengan media trainer pada kelas XI TBSM 1 SMK Pembangunan Nasional Purwodadi-Grobogan ,terbukti adanya peningkatan dari prasiklus sebesar 39,39%,siklus I sebesar 63,63%,siklus II sebesar 93,93%.sehingga lebih besar dari indicator keberhasilan penelitian sebesar 85% dan dilihat dari hasil ulangan nilai rata-rata prapenelitian 69,5,siklus I sebesar 74,5 dan siklus II sebesar 79,3 sehingga lebih besar dari indicator keberhasilan penelitian 76.(2)penerapan pembelajaran problem based learning dengan media Trainer dalam meningkatkan keaktifan siswa dan (3) penerapan metode oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar mendapat kategori sangat baik. Kata Kunci : Peningkatan system pengapian elektronik, problem based learning.
Copyrights © 2023