Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 3 No. 2 (2023): Maret 2023, IJI Publication

Systematic Literatur Rivew Systematic Literatur Review: Efektivitas E-Learning sebagai Media Pendukung dalam Pembelajaran Matematika

Syafira Ibtisa Farah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)
Kusno Kusno (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran matematika seringkali masih dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesulitan dalam memahami konsep, dan metode yang digunakan oleh pendidik kurang bisa dipahami. Selain itu, peserta didik seringkali merasa bosan karena kurangya interaksi dan penggunaan teknologi yang masih minim. Oleh karena itu, diperlukan media pendukung untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan e-learning.  Dengan melakukan kajian literatur terhadap penelitian yang telah dilakukan, diharapkan hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas e-learning sebagai alat pendukung dalam pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, meningkatkan kemandirian belajar, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan e-learning sebagai media pendukung efektif, jika kemampuan matematis dan hasil belajar peserta didik meningkat. Oleh karena itu dengan meningkatnya minat dan motivasi belajar, maka akan berpengaruh positif terhadap kemampuan matematis dan hasil belajar peserta didik juga akan meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...