Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
No. 2 (2022)

REPRESENTASI SEBAGAI SALAH BENTUK AKTIVITAS MENTAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA




Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Representasi matematika adalah interpretasi pemikiran siswa terhadap suatu masalah untuk membantu menemukan solusinya yang dapat berupa kata/verbal, tulisan, gambar, grafik, tabel, simbol dan lain sebagainya. Mahasiswa calon pendidik matematika perlu menguasai kemampuan membangun representasi siswa dengan berbagai aktivitas dan lembar kerja yang mendorong siswa untuk melakukan. Pada bab ini, dijelaskan representasi pada tingkat mahasiswa, dan kemudian dilanjutkan dengan kajian representasi matematika di sekolah. Ada tiga representasi matematis yang dijelaskan, yaitu: (1) representasi bahasa, menerjemahkan benda yang diamati dan berhubungan dengan masalah matematika menjadi representasi verbal atau lisan; (2) representasi grafik atau gambar, keterampilan menerjemahkan masalah matematika menjadi gambar atau grafis; dan (3) representasi simbol aritmatika, keterampilan menerjemahkan masalah ke dalam representasi rumus aritmatika. Kemampuan representasi adalah salah satu ketrampilan dasar berpikir matematis. Berbagai contoh lembar kerja siswa yang mendorong siswa berpikir representatif di sajikan di akhir bab ini. Contoh tersebut diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa calon pendidik dalam membangun lembar kerja siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang ...