cover
Contact Name
-
Contact Email
journal@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
ISSN : 2829386X     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.1529/kp
Core Subject : Education,
Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang pendidikan.
Articles 36 Documents
STRATEGI BELAJAR WIRAUSAHAWAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS DI KOTA SEMARANG
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.34

Abstract

Kapabilitas inovasi merupakan peran utama dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh wirausahawan. Para wirausahawan ditekan untuk selalu belajar dengan berbagai cara untuk meningkatkan kapabilitas tersebut. Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kapabilitas inovasi adalah berbagi pengetahuan, orientasi karyawan dan kerativitas bisnis. Hasil penelitian menunjukkan berbagi pengetahuan, orientasi pemasaran dan kreativitas bisnis berpengaruh signifikan terhadap kapabilitas inovasi. Temuan ini menunjukkan bahwa teori kapabiltas dinamis masih dapat menjelaskan bagaimana para wirausahawahan belajar dengan tekanan lingkungan bisnis yang ada sehingga kapabilitas inovasi terbentuk dari aktivitas berbagi pengetahuan yang intensif , orientasi permintaan yang tepat dan kreativitas bisnis yang optimal. Sementara implikasi praktisnya adalah maka perlunya fasilitasi dari pemerintah bagi paguyuban atau asosisasi pengusaha UMKM untuk saling mengaktifkan difusi inovasi bisnis di antara pengusaha, ataupun peran pakar yang disiapkan bagi pemerintah untuk melakukan pendampingan terhadap pengusaha tersebut.
PRAKTIK PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.35

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penilaian dalam pembelajaran online di SMA Negeri 1 Rembang. Proses yang dimaksud adalah penerapan prinsip penilaian sesuai Permendikbud No 23, 2016 tentang Standar Penilaian. Kajian ini akan menunjukkan bagaimana keabsahan instrumen, keseseuaian metode, efektifitas prosedur dan berbagai hal lain tentang penilaian online. Kajian ini memanfaatkan pendekatan deskriptif kualitatif dasar dengan tahapan pengumpulan, penyajian dan reduksi data serta penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan 3 dari 9 prinsip penilaian, sudah terpenuhi, yakni integrasi, struktur penilaian dan acuan kriteria. Sedangkan 6 prinisp lain yakni validitas, objektifitas, keadilan, keterbukaan, cakupan aspek, dan keterandalan kesemuanya belum terpenuhi. Hasil data tersebut akan menjadi bahan pertimbangan konkret untuk menentukan kebijakan dari para pemangku kepentingan. Kebijakan ini tentunya tidak hanya bermanfaat pada masa pandemi, namun juga pasca pandemi dimana pola ataupun tren virtualisasi dunia pendidikan akan tetap berjalan di masa yang akan datang.
PROBLEM SOLVING PROCESS SISWA SMP BERBANTUAN PROBLEM SOLVING PROPS 1 2 BERMUATAN KONEKSI MATEMATIS
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.36

Abstract

Kajian dalam Book Chapter ini bertujuan: (1) Mendapatkan hasil kuantitatif kemampuan dalam Problem Solving Process siswa SMP berbantuan Problem Solving Props bermuatan Koneksi Matematis berbasis pembelajaran daring. (2) Mendapatkan hasil kualitatif pertumbuhan Problem Solving Process siswa Kelas IX SMP. Metode penelitiannya, dengan Mixed Method yaitu gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pada pendekatan kuantitatif, menggunakan Uji t. Selanjutnya dipakai dasar untuk pengambilan subjek penelitiannya dalam pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya, 6 siswa Kelas IX. Kegiatan utamanya: (1) menyediakan alat peraga berupa Problem Solving Props, yang diuji dengan R & D, (2) menyediakan soal-soal koneksi matematis yang bersifat problem solving yang penyelesaiannya perlu Problem Solving Props, (3) tes, (4) Uji t, dan (5) analisis data secara kualitatif. Hasil: (1) Kemampuan dalam Problem Solving Process Siswa SMP, mean 74,64 dan di atas KKM yang 70,00. (2) Dari 6 subjek penelitian, pertumbuhan Problem Solving Process siswa SMP terdapat 1 siswa berkategori Sangat Baik, 2 siswa berkategori Baik, 2 siswa berkategori Sedang, dan 1 siswa berkategori Kurang. Kesimpulannya: (1) Diperlukan Problem Solving Props agar kemampuan Problem Solving Process Siswa SMP meningkat. (2) Pertumbuhan Problem Solving Process siswa SMP cenderung Sedang atau Baik.
MODEL POLITIK PERDAMAIAN UNTUK REKONSTRUKSI IDENTITAS SOSIAL DAN NASIONALISME MASYARAKAT PASCA KONFLIK DI BOYOLALI MELALUI RANAH PENDIDIKAN
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model politik perdamaian untuk rekonstruksi identitas sosial dan nasionalisme pada masyarakat pasca konflik di Boyolali melalui pendidikan.. Penelitian ini dikerjakan dengan metode kualitatif yang dilakukan secara investigatif pada saksi sejarah, pelaku sejarah, dan elemen pendidikan di Boyolali. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peristiwa di tahun 1965 telah berdampak pada trauma dan menimbulkan prasangka dan dendam yang tidak berujung. Untuk itu dibutuhkan sebuah jalan alternatif untuk mencapai penyatuan pihak-pihak berkonflik ataupun generasi sesudahnya yang terkena imbas dari konflik tersebut. Model politik perdamaian yang digagas cukup konstruktif dan dapat diapresiasi sebagai suatu jalan baru dalam mengembangkan harmonisasi sosial masyarakat melalui kegiatan belajar yang kreatif dengan memanfaatkan media dan model pembelajaran inovatif. Model ini sangat kompatibel bagi pendidikan masyarakat pasca konflik untuk membina masyarakat yang memahami nilai kemanusiaan dan melaksanakan Pancasila dalam praktik. Untuk itu model politik perdamaian ini sangat penting untuk direkomendasikan bagi dunia pendidikan.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.38

Abstract

Kemampuan dalam pemecahan masalah secara matematis adalah tujuan utama disiplin ilmu matematika, bahkan menjadi jantungnya matematika. Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa perspektif gender berpengaruh tidak hanya pada perbedaan pada pemahaman dalam menyelesaikan msalah matematis pada mahasiswa, namun juga sangat mempengaruhi proses penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seacara empiris perspektif gender yang dikaitkan dengan pemecahan masalah secara matematis dengan model pembelajaran preprospec dengan bantuan teknologi dan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah mahasiswa program studi matematika di Jawa Tengah dengan sampel mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah kalkulus integral yang dipilih secara random. Instrument yang digunakan adalah uji kemampuan menyelesaikan masalah matematis dan lembar observasi. Kemudian, data diolah dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dalam memecahkan masalah tidak bisa dilihat dari perspektif gender.
FINANCIAL LITERACY DAN KINERJA USAHA MAHASISWA UNNES DI MASA PANDEMI COVID 19
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.39

Abstract

UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia karena mampu berkontribusi terhadap nilai eksport Indonesia sebesar 293 T, dan dapat mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yang mencapai angka pengangguran sebesar 7.05 juta, dan termasuk didalamnya adalah pengangguran terdidik (Badan Pusat Statistik, 2020). Pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi negara di seluruh dunia terguncang, tidak terkecuali di Indonesia, termasuk UMKM. Karena UMKM berkontribusi terhadap ekonomi negara maka pemerintah berusaha menggalakkan progam-progam kusus untuk mengangkat dan mempopulerkan kewirausahaan dikalangan masyarakat, termasuk juga masuk ke perguruan tinggi (PT). Pemerintah menyusun kurikulum Perguruan Tinggi yang disinergikan dengan konsep kewirausahaan dan memberikan progam bantuan pendanaan kepada mahasiswa wirausaha. UNNES salah satu universitas yang turut mendukung perkembangan wirausaha muda. Berdasarkan data awal, ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Unnes: 1)kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan usaha, kususnya keuangan dan kurangnya literasi keuangan, 2)kurangnya pendampingan profesional, 3)kendala pembagian waktu yang berbenturan dengan kuliah dan 4)kendala motivasi untuk selalu konsisten dalam berwirausaha. Penelitian ini akan mencari gambaran rinci tentang implementasi literasi keuangan, kemudian meneliti tentang pengaruh literasi keuangan dan pengaruhnya terhadap kinerja Usaha wirausaha Unnes. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan Populasi penelitian merupakan pemilik usaha UMKM wirausaha Mahasiswa Unnes. Alatnya adalah Software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kondisi literasi keuangan ada diposisi 20% baik, 50% sedang dan 30% kurang. Sedangkan variable Financial Knowledge, Financial Attitudes dan Financial Behaviour berpengaruh terhadap kinerja usaha pada bisnis mahasiswa wirausaha Unnes
PERSEPSI ANAK USIA DINI TERHADAP GURU DI SEMARANG
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 1 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i1.40

Abstract

Riset menunjukkan bahwa persepsi anak pada guru akan mempengaruhi anak-anak yang berada pada fase transisi seperti misalnya perpindahan dari jenjang TK sampai SD. Penelitian ini bertujuan menggambarkan persepsi siswa usia dini (usia 5-6 tahun yang berada pada masa transisi), sejumlah 47 anak, terhadap guru. Desain kualitatif-fenomenologi menguraikan bagaimana persepsi anak terhadap profil guru yang tertuang dalam hasil gambarnya dilanjutkan dengan interview terstruktur untuk mengetahui makna gambar tersebut untuknya dan mengapa mereka menggambar itu. Hasil analisis gambar menghasilkan 9 kategori yaitu: Jenis, jenis kelamin, tinggi badan, gerak tubuh dan ekspresi wajah, ciri fisik, lokasi, aktivitas yang dilakukan, benda di tangan, gambar, benda di dalam kelas. Selanjutnya, alasan yang menjadikan anak menyukai guru mereka lebih didasarkan pada kompetensi sosial dan kepribadian, Terdapat 4 dari 47 anak (8.5%), yang menilai guru mereka dari kompetensi profesional, sepertinya misalnya kemampuan bermain balok dan menggambar. Hasil penelitian ini sebagai inisiasi pada bidang metodologi bahwa studi termasuk anak usia dini sebagai peserta aktif adalah sangat mungkin dengan mempertimbangkan metodologi dan teknik pengumpulan data. Penelitian ini juga memberikan masukan bagi praktik pemerintah khususnya bagi guru dalam mengembangkan pendekatan evaluasi guru berdasarkan perspektif siswanya.
SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Analisis Perilaku, Skill Digital, Dan Hasil Belajar Mahasiswa)
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 2 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i2.41

Abstract

Dalam situasi merebaknya virus Corona maka di perlukan suatu inovasi dalam melakukan metode pembeljaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa. Oleh karena itu Penelitian ini penting untuk menindaklajuti metode pembelajaran yang memungkinkan dapat di lakukan dengan kondisi seperti saat ini, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Penggunaan metode dan desain penelitian tersebut diimpementasikan dalam prosedur penelitian. Dalam pengumpulan data diperlukan instrumen penelitian berbentuk kuesioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan SEM. Kesimpulan yang di peroleh melalui penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) ditemukan pengaruh yang signifikan antara variabel Perilaku Belajar terhadap Skill Digital, 2) Pengujian hipotesis kedua bahwa variabel Perilaku Belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap hasil belajar , 3) Namun berbeda halnya didapatkan hasil bahwa Skill Digital tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dimana penelitian ini dilakukan, Berdasarkan model teori yang dikembangkan dalam penelitian ini didapatkan hasilnya bahwa secara tidak langsung variabel Perilaku Belajar secara tidak langsung melalui Skill Digital memberikan pengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa sebesar 0.0464.
REPRESENTASI SEBAGAI SALAH BENTUK AKTIVITAS MENTAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 2 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i2.42

Abstract

Representasi matematika adalah interpretasi pemikiran siswa terhadap suatu masalah untuk membantu menemukan solusinya yang dapat berupa kata/verbal, tulisan, gambar, grafik, tabel, simbol dan lain sebagainya. Mahasiswa calon pendidik matematika perlu menguasai kemampuan membangun representasi siswa dengan berbagai aktivitas dan lembar kerja yang mendorong siswa untuk melakukan. Pada bab ini, dijelaskan representasi pada tingkat mahasiswa, dan kemudian dilanjutkan dengan kajian representasi matematika di sekolah. Ada tiga representasi matematis yang dijelaskan, yaitu: (1) representasi bahasa, menerjemahkan benda yang diamati dan berhubungan dengan masalah matematika menjadi representasi verbal atau lisan; (2) representasi grafik atau gambar, keterampilan menerjemahkan masalah matematika menjadi gambar atau grafis; dan (3) representasi simbol aritmatika, keterampilan menerjemahkan masalah ke dalam representasi rumus aritmatika. Kemampuan representasi adalah salah satu ketrampilan dasar berpikir matematis. Berbagai contoh lembar kerja siswa yang mendorong siswa berpikir representatif di sajikan di akhir bab ini. Contoh tersebut diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa calon pendidik dalam membangun lembar kerja siswa.
PEMBELAJARAN ONLINE PADA SEKOLAH VOKASI
Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang No. 2 (2022)
Publisher : Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1529/kp.v1i2.43

Abstract

Urgensi pembelajaran online pada sekolah vokasi didasarkan atas kebutuhan penerapan teknologi pembelajaran, lulusan yang sesuai kebutuhan industry 4.0, adanya keterbatasan kelas pada pembelajaran, keterbatasan alat dan materi pembelajaran praktik, keterbatasan interaksi pebelajaran, bahkan adanya pembatasan kontak antara siswa sebagai upaya memutus mata rantai pandemi COVID-19. Potensi tantangan pada penerapan pembelajaran online di sekolah vokasi dipengaruhi oleh kebutuhan dana awal, keterbatasan waktu, kesiapan organisasi belajar sekolah vokasi, kesiapan siswa, keterbatasan keterampilan peserta belajar pada platform online, dukungan teknis dari lembaga dan peserta belajar, konteks kelas sinkron atau asinkron, aksesibilitas ke materi pembelajaran, umpan balik yang tertunda, dan evaluasi dan penilaian terutama pada materi pembelajaran praktik. Pembelajaran online pada sekolah vokasi memberi peluang untuk dapat menjangkau pasar baru yang lebih luas dan mendukung pembelajaran sepanjang hayat di abad ke-21 yang bercirikan konvergensi pelajar global yang beragam dengan menggunakan alat teknologi berbasis web. Penerapan pembelajaran online pada sekolah vokasi mendukung adanya fleksibilitas terutama untuk memenuhi adanya kebutuhan pekerjaan, keluarga, dan tersedianya waktu untuk belajar. Pembelajaran online dapat mengakses informasi dalam elemen teknologi sinkron dan asinkron yang dirancang untuk membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil di tempat kerja.

Page 1 of 4 | Total Record : 36