Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 3 No. 1 (2020)

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pisa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LMS

Miranda Novitasari (Unknown)
Kartono Kartono (Unknown)
Wardono Wardono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Kemampuan literasi matematika masih dinilai rendah dalam penerapannya di pembelajaranmatematika. mampuan literasi matematika masih diniliai rendah dalam penerapan di dalampembelajaran matematika. Belum terbiasanya siswa dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupannyata selain itu kurangnya pengembangan kreatifitas peserta didik dalam mengaplikasikanmatematika ke dalam berbagai konteks. Siswa hanya bergantung kepada guru dan hanya mengikutiyang diajarkan tanpa memahami secara mendalam. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaransesuai dengan kurikulum 2013 peneliti ingin meningkatkan kemampuan literasi matematika denganmenggunakan model Treffinger dimana model ini merupakan model yang mengembangkankreatifitas siswa dan untuk mengurangi ketergantungan terhadap guru, siswa dapat belajar mandiridengan memanfaatkan learning management system. Learning Management System merupakansuatu aplikasi software yang dapat menghubungkan siswa dengan guru untuk berdiskusi atau yanglainnya secara online. Learning Management System dalam penelitian ini yang di pilih yaituSchoology dan Edmodo. Schoology dan Edmodo di lengkapi dengan berbagai fitur yang dapatmenunjang berjalannya pembelajaran dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...