Dunia telah mengalami perubahan dengan memasuki era revolusi industi 4.0 dimana TI menjadi basis dalamkehidupan manusia (Mohamad Nasir didalam, Ristekdikti, 2018). Kemampuan literasi matematis adalahkemampuan yang memiliki pendukung dalam pengembangan kelima kemampuan matematis sebagai istilahyang sering disebut daya matematika. Indikator menurut TIMSS dan PISA yang menunjukkan mutu pendidikandi Indonesia. Dengan penilaian internasional tentang prestasi peserta didik dilihat dari hasil TIMSS dan PISAmasih rendah. Dikatakan memiliki kemampuan matematis pada era revolusi industri 4.0. Peserta didik memilikisebuah kemampuan literasi matematika jika peserta didik mampu memperkirakan, menafsirkan informasibahkan dalam memecahkan masalah dalam berbagai realistik agar dapat memberikan alasan dalam situasinumerasi, grafik, dan geometri serta komunikasi menggunakan matematika.Berdasarkan hasil beberapa surveydan penelitian bahwa kemampuan literasi matematika berjalan dengan tepat karena didukung denganpenggunaan teknologi yang tepat pada era revolusi industri 4.0.
Copyrights © 2020