Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Pendidikan Seni Berbasis Multikultural di Sekolah

Delvia Mona (Universitas Negeri Semarang)
Wadiyo Wadiyo (Universitas Negeri Semarang)
Suharto Suharto (Universitas Negeri Semarang)
Ardipal Ardipal (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi ini tidak bisa kita hindari karena mau bagaimanapun kemajuan teknologi berjalan beriringan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Era globalisasi ini berbagai peristiwa, kemajuan teknologi, dan tren di belahan dunia turut berpengaruh terhadap perubahan karakter peserta didik. Pengaruh negatif tersebut antaranya, memudarnya nilai-nilai kearifan lokal seperti sopan santun dan gotong royong, menipisnya sikap saling menghargai antar ras, etnis, maupun kepercayaan, hingga kurangnya minat generasi muda terhadap kesenian daerah. pendidikan seni pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia melalui seni. Pembelajaran yang hanya mengajarkan siswa berkarya seni kurang relevan dalam pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu diperlukanya pendidikan seni berbasis multikultural di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan seni berbasis muktikultural di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...