Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan MIKIR di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Kristi Liani Purwanti (Universitas Negeri Semarang)
YL Sukestiyarno (Universitas Negeri Semarang)
Budi Waluyo (Universitas Negeri Semarang)
Rochmad Rochmad (Universitas Negeri Semarang)
Alvina Diah Ayu (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 pada pembelajaran berdeferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan subjek penelitian terdiri dari guru kelas 5 di MI Nashrul Fajar Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada proses pembelajaran, dokumentasi melihat skenario pembelajaran dan lembar kerja serta wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa pemahaman matematika siswa meningkat dengan penggunakan pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan MIKIR baik pada kelompok diatas rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan cara KPK, kelompok rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan kupu-kupu ataupun kelompok dibawah rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan cara bantuan benda konkrit yaitu kertas origami.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...