Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Selama Pembelajaran Daring

Setiyani Setiyani (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
S. B. Waluya (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Y. L. Sukestiyarno (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Adi Nur Cahyono (Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Minat belajar merupakan bagian dari motivasi belajar siswa, selain itu rendah atau tingginya minat belajar siswa dalam belajar matematika dipengaruhi oleh sistem atau metode pembelajaran yang dilakukan. Salah satu sistem yang saat ini berlaku adalah sistem pembelajaran online, dimana sistem ini merupakan sistem yang dipilih oleh pemerintah akibat bencana Covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar matematika siswa selama pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa SMA kelas X, XI dan XII, instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa berada pada taraf yang relatif baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa pada saat pembelajaran online dalam kondisi baik walaupun ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa kurang semangat belajar dan menurunnya nilai akibat pembelajaran online. Abstract. Interest in learning is a part of the motivation to learn by students, besides the low or high level of interest in learning students in learning mathematics is influenced by the system or learning method carried out. One of the systems currently in place is the online learning system, where this system is the system chosen by the government due to the Covid-19 disaster. This research is expected to be a reference source for teachers in increasing students' interest in learning during online learning. The purpose of this study was to analyze students' interest in learning mathematics during online learning. The research method used is descriptive qualitative, with research subjects as many as 27 high school students in class X, XI and XII, the instrument used is a questionnaire. The result of this research is that students' interest in learning mathematics is at a relatively good level. The conclusion of this study is that students' interest in learning mathematics during online learning is in good condition although there are several factors that cause students' lack of enthusiasm for learning and declining grades as a result of online learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...