Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Efektifitas Problem Solving Menggunakan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Model Matematika

Sudarsono Sudarsono (Universitas Negeri Semarang)
Kartono Kartono (Universitas Negeri Semarang)
Mulyono Mulyono (Universitas Negeri Semarang)
Scolastika Mariani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang disebabkan karena siswa kurang aktif dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru. Salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam aspek pemecahan masalah adalah dengan menggunakan alat peraga.”Tujuan melakukan penelitian ini ingin mengetahui keefektifan pemecahan masalah menggunakan alat peraga pokok bahasan model matematik siswa kelas IV SD Negeri. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu semua kelas IV SDN dan adapun teknik mengambil sampelnya adalah sampling jenuh. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase 88% berada antara 80-89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan problem solving melalui penggunaan alat peraga pada mata pelajaran model matematika adalah “ kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...