Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO)
Vol 5, No 3 (2021): Jurnal Jumbo Vol. 5 No. 3

PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP KEPERCAYAAN YANG DIMEDIASI KEPUASAN PETANI BUDIDAYA DI KABUPATEN WAKATOBI

Maswadi Ode Unga (Unknown)
Alida Palilati (Universitas Halu Oleo)
Hayat Yusuf (Universitas Halu Oleo)
Buyung Sarita (Universitas Halu Oleo)
Nuryamin Budi (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Keberhasilan pembangunan sektor pertanian sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk di dalamnya keberadaan penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pemerintah pada sektor pertanian dalam mendampingi dan membimbing petani. Dengan demikian kualitas layanan/jasa dalam mendampingi petani merupakan persyaratan utama. Sehingga para penyuluh pertanian harus mampun meningkatkan kualitas layanannya untuk mewujudkan kepuasan petani yang pada akhirnya tercipta kepercayaan pada penyuluh pertanian. Kabupaten Wakatobi hanya memiliki 3% wilayah daratan yang didominasi daerah bebatuan karang barang tentu membutuhkan kemampuan lebih dalam mengelolah tanah pertaniannya sehingga diperlukan penyuluh pertanian yang handal untuk membimbing petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitasnya agar terwujud kesejahteraan petani.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan sebagai variabel bebas dan kepercayaan sebagai variabel terikat serta kepuasan sebagai variabel mediasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan alat analisis SEM. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah petani budidaya di pulau Wangi-Wangi dengan sampel 117 responden dengan kriteria responden adalah petani budidaya baik budidaya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.Hasil studi dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan petani budidaya, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan petani budidaya, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan petani budidaya, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan yang dimediasi oleh kepuasan petani budidaya sebagai mediasi parsial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JUMBO

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JUMBO (Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi) adalah jurnal yang memuat tentang hasil-hasil penelitian ilmu manajemen, bisnis dan organisasi baik pada organisasi privat yang berorientasi pada profit maupun organisasi publik yang berorientasi ...