Journal Transformation of Mandalika
Vol. 4 No. 2 (2023)

PENGARUH WAKTU PENGERINGAN MENGGUNAKAN SINAR MATAHARI TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK AMILUM TALAS KIMPUL (Xanthosoma sagittifolium)

I Gusti Agus Tusan Wira Darma dan I Gusti Ngurah Agung Dewantara Putra (Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam hayati yang beragam jenisnya, baik itu dalam bentuk hewani maupun nabati. Salah satu sumber daya alam nabati yang dapat dimanfaatkan yaitu talas kimpul. Umbi talas kimpul (Xanthosoma sagittifolium) dapat dimanfaatkan sebagai eksipien dalam pembuatan sediaan tablet karena berpotensi memiliki kadar pati yang tinggi. Pada penelitian ini dilakukan pengeringan amilum dengan menggunakan metode matahari langsung dengan perbedaaan waktu pengeringan yaitu selama 1 hari, 3 hari, dan 5 hari. Kemudian dilakukan pengujian terhadap karakteristik dari fisik amilum talas kimpul yang meliputi uji organoleptis, uji identifikasi amilum, uji miksroskopik, uji kadar air, dan uji pH untuk mengetahui pengaruh perbedaan waktu pengeringan menggunakan metode matahari langsung terhadap karakteristik fisik amilum talas kimpul.

Copyrights © 2023