Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 3 No 2 (2023): Mei

PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN PADA TOKO QOLSA DI KOTA METRO TAHUN 2022

Eva Ratna Sari (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)
Tiara Anggia Dewi (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Keputusan pembelian merupakan proses dimana konsumen memilih dan mengevaluasi produk atau jasa, sering kali konsumen mempertimbangkan berbagai hal yang sesuai dengan kebutuhannya dalam proses keputusan pembelian tersebut. Setiap perusahaan yang dibangun oleh badan usaha atau perorangan pada umumnya sama yaitu untuk mencari laba yang sebanyak-banyaknya dengan cara meningkatkan pembelian pada perusahaan, maka diperlukan berbagai macam kegiatan pemasaran yang salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan promosi bagi produk yang di hasilkan, dengan adanya kegiatan promosi penjualan di setiap perusahaan secara tidak langsung akan membantu bertambahnya pembelian pada produk di setiap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di toko Qolsa Fashion Store. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen toko Qolsa di kota metro. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Data di ambil melalui metode kuesioner (angket). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan Excel. Pengujian ini melipuiti uji validitas, uji reliabiltas, uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, uji F dan uji t. Hasil menunjukan adanya pengaruh positif signifikan promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : Terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pakaian pada toko Qolsa pada tahun 2022 dengan persamaan regresi Y= 44,324 + 0,3233 X dapat dilihat dari hasil analisis perhitungan nilai thitung dan ttab tersebut di atas berarti diketahui bahwa thitung > ttab dapat dilihat pada tabel t pada daftar signifikan 5% yaitu 2,65 > 1,68 dan juga nilai Fhitung sebesar 4,28 lebih besar dari Ftab = 4,04 yaitu 4,28 > 4,04 berarti Ada Pengaruh Signifikan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Qolsa di Kota Metro

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...