Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 3 No 2 (2023): Mei

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Via Anggreani (Universitas Muhammadiyah Metro)
Tiara Anggia Dewi (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif (active learning) berbasis problem solving dalam penelitian ini adalah pertama kegiatan pembelajaran pendahuluan, dimana guru menyiapkan bahan ajar yang menarik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sekampung. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis quasi eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel adalah bagian dari populasi. Berdasarkan analisis data dan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil pengumpulan data dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diberikan perlakuan (treatment) menggunakan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sekampung, siswa yang tuntas sebesar 56,25% atau 18 siswa, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan adalah 43,75% atau 14 siswa. Hasil pengujian menggunakan uji thitung berdasarkan analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sekampung, dimana nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 2,87 > 1,69. Dengan demikian hasil belajar ekonomi siswa dari uji pre test dan post test setelah diberikan perlakuan (treatment) menggunakan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sekampung dapat disimpulkan hipotesis diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...