Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 22, No 2 (2023): Mei 2023

Performance Tuning Oracle 11g Database Melalui Inisial Paramater, Structure Database dan SQL Tuning. Studi Pada ERP SISFORBUN Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN)

- Samidi (Universitas Budi Luhur)
- Hariyanto (Program Studi Magister Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) sebagai pengelola manfaat pensiun bagi karyawan PTPN seluruh Indonesia beserta lembaga afiliasi dengan jumlah peserta per 31 Desember 2021 sebanyak 284.934 orang. Aplikasi SISFORBUN ini digunakan untuk memproses manfaat pensiun bagi seluruh peserta. Aplikasi berbasis web ini menggunakan database Oracle 11g dan sudah digunakan sejak tahun 2013, dengan seiring berjalanya waktu perkembangan data semakin banyak dengan jumlah record terbesar dalam satu table sebesar 26.696.667 record data, sehingga performa proses data semakin menurun. Atas dasar permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian untuk meningkat performa dari Aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode SQL Tuning, Strukturing Object dan Initial Parameter Database. Setelah dilakukan pengujian dengan melakukan proses pembayaran Manfaat Pensiun pada laporanĀ  manajemen nomor 18 (LM18), penulis dapat menyimpulkan bahwa setelah dilakukan optimasi, waktu yang diperlukan untuk proses pembayaran Manfaat Pensiun (LM18) menjadi lebih cepat dibandingkan sebelum dilakukan optimasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

technoc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, ...