Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 3, No 1 (2023): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Pengaruh.Metode Bernyanyi terhadap.Penguasaan Kosakata.Bahasa.Arab Pada Siswa.Kelas VIII MTs Negeri 2 Jeneponto

Sri Wahyuni Pratiwi (Universitas Negeri Makassar)
Hasmawati Hasmawati (Universitas Negeri Makassar)
Misnah Mannahali (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian. inii bertujuan. untuk. mengetahui pengaruhhhmetode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode bernyanyi sedangkan variabel terikat dalam penelitiannini adalah penguasaan kosakata (Mufrodat). Populasi dalammpenelitian ini terdiri dari 8 kelas sebanyak 240 orang. Sampel dalammpenelitian ini yaitu kelas VIII 3 yang terdiri 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs negeri 2 Jeneponto. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...