Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 1, No 2 (2021): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Analisis Kesalahan Penulisan Insya' Siswa Kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa

Muhammad Jaelani (Unknown)
Jufri A.P (Unknown)
Muh. Bachtiar Syamsuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesalahan penulisan insya’.Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah kesalahan penulisan insya’ kalimat sempurna (jumlah Mufida) yaitu jumlah fi’liah dan jumlah ismiah yang mencakup tentang kesalahan susunan kata dalam suatu kalimat dan kesalahan bentukan atau tasrif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen penelitian ini berupa tes, angket, dan wawancara. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa kesalahan-kesalahan siswa dalam penulisan insya’ yang dilakukan oleh siswa sebanyak 227 kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut terdiri dari dua jenis kesalahan. Kesalahan pada susunan kata dalam kalimat berjumlah 108 kesalahan dengan frekuensi 47,58%, adapun  kesalahan bentukan atau tashrif  berjumlah 119 dengan frekuensi 52,42%. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: kurangnya minat dan motivasi serta semangat siswa dalam mempelajari penulisan insya’, sebagian besar siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa adalah tamatan SMP yang baru belajar bahasa Arab,  kurangnya motivasi dari guru,  siswa kurang memahami materi insya’ yang diberikan, media yang digunakan guru kurang variatif, metode pembelajaran yang kurang cocok, cara guru  mengajar kurang menarik, latar belakang pendidikan guru bukan dari pendidikan bahasa Arab, guru belum berpengalaman dalam mengajar, buku pegangan bahasa Arab  siswa masih kurang, tidak adanya buku bahasa Arab di perpustakaan, guru sering tidak mengajar saat pembelajaran bahasa Arab. Kata kunci: analisis kesalahan, penulisan insya’

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...