Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesalahan penulisan insya’.Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah kesalahan penulisan insya’ kalimat sempurna (jumlah Mufida) yaitu jumlah fi’liah dan jumlah ismiah yang mencakup tentang kesalahan susunan kata dalam suatu kalimat dan kesalahan bentukan atau tasrif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen penelitian ini berupa tes, angket, dan wawancara. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa kesalahan-kesalahan siswa dalam penulisan insya’ yang dilakukan oleh siswa sebanyak 227 kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut terdiri dari dua jenis kesalahan. Kesalahan pada susunan kata dalam kalimat berjumlah 108 kesalahan dengan frekuensi 47,58%, adapun kesalahan bentukan atau tashrif berjumlah 119 dengan frekuensi 52,42%. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: kurangnya minat dan motivasi serta semangat siswa dalam mempelajari penulisan insya’, sebagian besar siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa adalah tamatan SMP yang baru belajar bahasa Arab, kurangnya motivasi dari guru, siswa kurang memahami materi insya’ yang diberikan, media yang digunakan guru kurang variatif, metode pembelajaran yang kurang cocok, cara guru mengajar kurang menarik, latar belakang pendidikan guru bukan dari pendidikan bahasa Arab, guru belum berpengalaman dalam mengajar, buku pegangan bahasa Arab siswa masih kurang, tidak adanya buku bahasa Arab di perpustakaan, guru sering tidak mengajar saat pembelajaran bahasa Arab. Kata kunci: analisis kesalahan, penulisan insya’
Copyrights © 2021