Factory Jurnal Industri, Manajemen dan Rekayasa Sistem Industri
Vol. 1 No. 3 (2023): Edisi April

Analisis Pengukuran Kinerja di UD Tahu Sumedang 5 Bersaudara dengan Menggunakan Pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) dan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Rindi Setiawan (Universitas Islam Sumatera Utara, Medan)
Abdurozzaq Hasibuan (Universitas Islam Sumatera Utara, Medan)
Siti Rahmah Sibuea (Universitas Islam Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Selama ini UD. Tahu Sumedang 5 Bersaudara hanya menekankan pada aspek keuangan sebagai tolak ukur pengukuran kinerja, karena lebih mudah diterapkan. Pengukuran kinerja berdasarkan aspek keuangan saja dianggap tidak mampu mengukur aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan seperti sumber daya manusia, tingkat kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki kondisi yang seperti itu maka diperlukan metode pengukuran kinerja yang dapat mengidentifikasi kepuasan secara keseluruhan. Untuk mengetahui nilai kinerja pada UD Tahu Sumedang 5 Bersaudara dengan model Supply Chain Operation Reference (SCOR) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode yang dapat mengidentifikasi tingkat kinerja. Pengukuran kinerja menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Supply Chain Operation Reference (SCOR). Pengukuran kinerja dalam penelitian ini didukung dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai bobot prioritas perusahaan pada setiap kriteria dan KPI setiap kriteria. Terdapat 15 KPI yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil pembobotan Skor, diperoleh 3 indikator yang skor normalisasinya dibawah 60 (tidak mencapai target perusahaan) yaitu kehadiran Karyawan, Kebersihan Alat dan Penanganan dari komplain yang di ajukan Konsumen. Pengukuran Keseluruhan Kinerja Perusahaan yang diperoleh Ud Tahu Sumedang 5 Bersaudara yaitu 68,65.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

factory

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

actory Jurnal Industri, Manajemen dan Rekayasa Sistem Industri merupakan jurnal yang membahas ilmu dibidang Teknik Industri, jurnal ini sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan Teknik Industri. Factory Jurnal Industri, Manajemen dan ...