Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Vol. 3 No. 1 (2023): Mei 2023 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika

Program Edukasi Pemasaran Produk Melalui Shopee Bagi Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Berbasis Teknologi Informasi di Mrs. Collection

Siti Aisyah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anastasya Br Ginting (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Diana Diana (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Miftahul Husna Hutapea (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Hazrah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ahmad Ihsan Fiqih Siregar (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Program edukasi ini bertujuan sebagai suatu sarana dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemasaran, serta sebagai suatu cara dalam memunculkan kesadaran bagi pelaku usaha kecil (UMKM) sehingga kinerja penjualannya mengalami peningkatan. Secara garis besar, kegiatan edukasi dilaksanakan dengan metode yang terdiri dari 5 (lima) tahap: 1) Rapat koordinasi; 2) Persiapan; 3) Pelaksanaan; 4) Monitoring; dan 5) Evaluasi. Maka tujuan dari program bimbingan pengaplikasian teknologi adalah, bagaimana memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan pelaku UMKM agar memiliki kemampuan serta pemahaman dalam melakukan perencanaan usaha pada market place (Shopee), yang ditujukan pada UMKM “MRS COLLECTION”. Dengan hasil dari pengedukasian yang dilakukan bahwa tim sebagai mentor akan melakukan tindak lanjutnya untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kinerja UMKM apakah pelaku benar-benar menerapkan aplikasi secara baik  dan apakah informasi yang tim berikan di cerna dengan matang selama  pendampingaan dan pelatihan. Dengan pendampingan dari tim dalam pengedukasian manajemen teknologi terhadap suatu usaha diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pemasaran, kewirausahan dan perkoperasian teknologi dalam menunjang kemajuan usahanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika (E-ISSN: 2777-0672) merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan persyaratan artikel tidak dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Abdiformatika: ...