Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana guru merekontruksi hubungan sosial sehingga siswa di SD Inpres Sengka dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola rekontruksi serta faktor penghambat hubungan sosial guru dan murid dalam mendorong motivasi belajar siswa di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini bersifat deskrptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa pola rekontruksi hubungan sosial guru dan murid serta faktor penghambat motivasi belajar siswa. Prosedur penelitian meliputi Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan murid SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rekontruksi hubungan sosial yang dilakukan Guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa serta menciptakan hubungan persudaraan dan semangat kebersamaan sebagai wujud hubungan sosial. Sedangkan faktor penghambat dalam merekontruksi hubungan sosial guru dan murid dalam mendorong motivasi belajar siswa yaitu sikap, Rangsangan serta terdapat siswa yang tidak konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan Hubungan sosial guru dan siswa merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2023