Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Rekontruksi Hubungan Sosial Guru Dan Murid Dalam Mendorong Motivasi Belajar Sekolah Dasar Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

Nursyifa Alamya (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Aliem Bahri (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Kaharuddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana guru merekontruksi hubungan sosial sehingga siswa di SD Inpres Sengka dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola rekontruksi serta faktor penghambat hubungan sosial guru dan murid dalam mendorong motivasi belajar siswa di SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini bersifat deskrptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa pola rekontruksi hubungan sosial guru dan murid serta faktor penghambat motivasi belajar siswa. Prosedur penelitian meliputi Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan murid SD Inpres Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rekontruksi hubungan sosial yang dilakukan Guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dengan siswa serta menciptakan hubungan persudaraan dan semangat kebersamaan sebagai wujud hubungan sosial. Sedangkan faktor penghambat dalam merekontruksi hubungan sosial guru dan murid dalam mendorong motivasi belajar siswa yaitu sikap, Rangsangan serta terdapat siswa yang tidak konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan Hubungan sosial guru dan siswa merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...