Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Murid Kelas VB UPT SPF SD Inpres Bontomanai

Riskayanti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rezki Ramdani (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Masalah utama dari penelitian ini yaitu apakah pendekatan keterampilan proses efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas VB UPT SPF SD Inpres Bontomanai. Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada murid kelas VB UPT SPF SD Inpres Bontomanai. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang menjadi sampel pada penelitian ini dipilih secara Cluster Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan dalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar (Pretest-Posttest), lembar observasi aktivitas murid, dan angket respon murid. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif menunjukkan hasil penelitian dengan nilai rata-rata (mean) pretest 27,95 sedangkan rata-rata (mean) posttest adalah 87,27. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Persentase rata-rata aktivitas murid  dalam penggunaan pendekatan keterampilan proses yaitu 86,93% yang berada pada kategori aktif. Nilai persentase rata-rata respon angket murid terhadap penggunaan pendekatan keterampilan proses yaitu 89,18% sehingga dikategorikan positif. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik inferensial menunjukkan hasil belajar matematika murid pada penerapan pendekatan keterampilan proses lebih dari 70 (KKM). Nilai ketuntasan klasikal murid diajar dengan penerapan pendekatan keterampilan proses lebih besar dari 75%. Gain ternormalisasi peningkatan hasil belajar matematika murid yang diajar dengan penerapan pendekatan keterampilan proses lebih besar dari 0,30 (minimal kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas VB UPT SPF SD Inpre Bontomanai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...