Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Pengaruh Media Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDN Minasa Upa Makassar

Suci Fitriah Cahyani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurlina (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Amri amal (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Minasa Upa Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Word Square terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Minasa Upa Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol yang akan diberi tes awal dan kelompok eksperimen diberikan media pembelajaran. Setelah diberikan perlakukan maka kedua kelompok akan diberikan tes akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan C SDN Minasa Upa Makassar sebanyak 65 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar sebelum menerapkan media pembelajaran word square dikategorikan masih cukup (sedang). Nilai rata-rata pre-test adalah 70.00 dengan menggunakan instrument tes kategori sangat tinggi 0%, tinggi 21.21%, sedang 66.67%, rendah 6.06%, sangat rendah 6.06%. Setelah menerapkan media pembelajaran word square dikategorikan baik (tinggi). Nilai rata-rata post-test adalah 87.12 dengan menggunakan instrument tes dikategorikan sangat tinggi 45.45%, tinggi 48.49%, sedang 6.06%, rendah 0%. Nilai thitung. sebesar 7.331 yang lebih besar daripada nilai ttabel.= 2.040. Kriteria dalam uji hipotesis ini yaitu apabila thit > ttab artinya Ho ditolak dan jika thit < ttab maka Ho diterima. memberikan arti thit > ttab artinya Ho ditolak dan Ha diterima membuktikan terdapat pengaruh sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Minasa Upa Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...