Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 243 Baruga

Muliana (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ernawazti (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 243 Baruga.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas V SD Negeri 243 Baruga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 243 Baruga sebanyak 16 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Kurt Lewin yang terdiri dari empat langkah pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi.  Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 16 siswa hanya 7 orang atau 43,7% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 66,06. Sedangkan pada siklus II dimana dari 16 siswa terdapat 14 orang atau 87,5% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 86,43. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 243 Baruga Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...